Makanan Sehat untuk Anak Dimulai dari Masa Menyusui

Susu kental manis – Sebagai seorang Ibu, apapun yang Anda makan sehari-hari akan diserap dan diproses menjadi air susu yang akan dikonsumsi bayi Anda. Asupan makanan sehat Anda tak hanya akan memengaruhi lancar atau tidaknya produksi ASI, namun terutama gizi si Kecil. Namun ada makanan-makanan tertentu yang bisa membuat bayi Anda bereaksi saat menyusu atau setelah menyusui. Perhatikan selalu kondisi bayi Anda selama menyusui dan hindari konsumsi makanan tertentu yang biasanya akan membuat bayi bereaksi, seperti makanan-makanan di bawah ini:

Makanan yang menimbulkan alergi 

Ada jenis makanan dan produk olahan berbahan dasar gandum, telur, kacang-kacangan dan jagung yang dapat memicu terjadinya alergi. Karena sistem pencernaan bayi belum bekerja sempurna, makanan-makanan seperti ini sebaiknya dikonsumsi dengan bijak oleh ibu menyusui karena dapat memicu gejala alergi pada bayi, seperti diare, bercak kemerahan, sakit perut, dan muntah.

Makanan yang mengiritasi saluran pencernaan 

Kubis, brokoli, dan paprika adalah beberapa contoh makanan yang bisa menghasilkan gas di pencernaan dan membuat kembung. Selain itu, buah-buahan yang asam atau mengandung sitrus seperti jeruk atau lemon juga dapat menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan bayi.

Bawang putih 

Jika Anda sering menggunakan bawang putih sebagai bumbu memasak, sebaiknya Anda benar-benar memasak bawang putih hingga matang. Aroma bawang putih bisa memengaruhi aroma dan rasa ASI, hingga terkadang bayi jadi enggan menyusu.

Minuman yang mengandung kafein

Menyusui akan sangat menantang untuk para Ibu yang terbiasa meminum kopi di pagi hari sebelum hamil dan menyusui. Selain menghindari kafein, saat menyusui sebaiknya Anda juga menghindari minuman lain yang mengandung kafein seperti soda dan teh. Kafein dalam minuman tersebut dapat tersalurkan ke bayi melalui ASI dan bisa menyebabkan bayi jadi rewel, susah tidur, dan dapat menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan bayi.

Selain menghindari jenis-jenis makanan di atas, Anda juga harus mengkonsumsi makanan sehat untuk kebutuhan gizi anak. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat gizi lengkap dan seimbang, salah satunya susu.

Konsumsi Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm dapat menjadi alternatif  melengkapi asupan gizi ibu selama menyusui terutama saat di luar rumah. Frisian Flag Purefarm diproduksi dengan susu segar pilihan dengan kandungan zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) serta zat gizi mikro (multivitamin dan multimineral) dengan rasa yang lezat. Tersedia dalam varian rasa Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s