Ragam Teknik Pengawetan Makanan Secara Alami

on

Pengawet alami – Ada begitu banyak jenis makanan yang bernutrisi namun sayangnya tidak dapat disimpan dalam jangka waktu lama seperti sayur dan buah. Kalau pun bisa disimpan, sayur dan buah tersebut akan mengalami perubahan tekstur dan juga rasa, serta berkurang kandungan nutrisinya. Untungnya, ada banyak tenik pengawetan makanan secara alami yang bisa digunakan, seperti berikut ini:

Drying

Teknik pengawetan makanan yang pertama adalah dengan cara dikeringkan. Metode ini cocok digunakan untuk mengawetkan rempah-rempah, buah, sayur-sayuran, serta daging. Cara pengawetan satu ini tergolong yang paling lama digunakan oleh manusia, karena tergolong sangat sederhana dengan hanya menggunakan cahaya matahari untuk menyingkirkan kandungan air di dalamnya. Di Italia, tomat merupakan sayuran yang paling sering dikeringkan dengan cara ini. Di Indonesia cara ini juga digunakan untuk mengeringkan manisan secara tradisional, misalnya saja manisan mangga.

Salting

Salting alias pengasinan makanan juga merupakan metode pengawetan yang sudah sejak dulu digunakan. Dalam metode ini, Anda cukup membubuhkan garam di atas daging atau ikan yang akan diasinkan. Dengan cara ini, daging dan ikan akan mongering dan bertahan dalam waktu lama meski tidak dibekukan. Hanya saja, daging dan ikan yang telah dikeringkan akan berubah teksturnya menjadi sedikit alot. Untuk proses pengasinan ini Anda juga akan membutuhkan panas dari matahari agar garam benar-benar kering dan menempel sempurna pada daging atau ikan.

Canning

Metode berikutnya yang bisa digunakan untuk mengawetkan makanan adalah canning alias pengalengan. Teknik ini dikembangkan oleh seorang kimiawan di Perancis pada tahun 1795 untuk mengawetkan daging, sayur, dan buah. Dalam teknik ini, Anda harus menggunakan wadah yang terbuat dari kaca dan sudah disterilkan sebelumnya. Canning merupakan salah satu teknik yang pas untuk membuat bahan makanan bertahan lama dengan pengawet alami tanpa terlalu banyak mengubah tekstur dan rasanya.

Pickling

Nah, metode pengawetan yang satu ini bisa membuat bahan makanan Anda menjadi lebih sedap. Ya, pickling alias menjadikan sebagai acar menjadi salah satu metode pengawetan terbaik untuk sayur dan buah. Untuk melakukan metode ini, Anda membutuhkan beberapa bahan pengawet alami seperti garam dan cuka. Sayur dan buah yang akan diawetkan dimasukkan ke dalam campuran air garam dan cuka kemudian disimpan di dalam wadah tertutup. Biasanya, sayur dan buah yang dijadikan acar akan memiliki tekstur yang lebih renyah. Sebelum dimasak, bahan yang dijadikan acar juga sebaiknya dicuci terlebih dahulu karena akan memiliki rasa asin dan asam yang kuat.

Freezing

Teknik pengawetan ini mungkin yang paling banyak dilakukan di zaman modern. Membekukan makanan menjadi lebih mudah dengan adanya freezer. Anda tinggal memasukkan bahan makanan yang akan dibekukan ke dalam wadah tertutup kemudian menyimpannya di dalam freezer dengan suhu di bawah 0 derajat Celcius. Sebelum membekukan makanan, sebaiknya Anda mencuci sayur, buah, maupun daging yang akan diawetkan untuk mencegah adanya bakteri selama proses pembekuan.

Selain beberapa teknis pengawetan makanan tersebut, Anda juga bisa menggunakan produk pengawet alami CFB Chemische Fabrik Budenheim. Produk pengawet alami CFB Chemische Fabrik Budenheim sudah terjamin kualitasnya dan pastinya aman untuk dikonsumsi karena terbuat dari bahan-bahan yang sudah teruji kualitasnya. Untuk mendapatkan produk pengawet alami ini, Anda bisa mengubungi situs PT Markaindo Selaras melalui www.markaindo.co.id  atau bisa melalui email di alamat marketing@markaindo.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s