5 Gerakan Kecilkan Perut Sebelum Tidur

5 Gerakan Kecilkan Perut Sebelum Tidur

Senam kegel Perut buncit memang bikin enggak pede. Mau pakai baju harus yang agak longgar di bagian depan, supaya perut buncit tidak tercetak. Apakah kamu mengalaminya juga? Coba deh ikuti 5 gerakan sederhana mengecilkan perut sebelum tidur ini!

  1. Sit Up

Kalau kamu termasuk tipe yang males untuk olahraga tapi menolak buncit, coba deh untuk melakukan sit up sebanyak 20 kali yang kemudian ditambah jumlahnya secara perkala. Memang sih, kamu tidak bisa mengandalkan sit up saja, tapi setidaknya ini dapat mengurangi ukuran perut.

  1. Plank

Plank juga bisa jadi gerakan yang dilakukan untuk mengecilkan perut. Nah, sebelum berbaring, cobalah untuk plank di lantai 1–2 menit. Kalau kuat, ulangi sampai dua kali dan kuantitasnya ditambah secara perkala. Biasanya tubuh akan beradaptasi dengan latihan, jadi kamu butuh menambah durasi supaya efeknya lebih terasa.

  1. Melatih Pernafasan

Melatih pernfasan bisa jadi salah satu cara atau gerakan untuk mengecilkan perut. Kamu duduk bersila atau duduk bersimpuh dengan kedua tangan berpangku di paha. Posisi punggung tegak namun, bahu santai. Lalu, hembuskan napas dari perut tapi jangan menarik napas dari hidung. Udara akan masuk dengan otomatis seiring kamu menghembuskan napas. Gerakan ini tidak hanya mengecilkan perut tetapi juga membantu sirkulasi pernafasan lebih lancar.

  1. Latihan di Treadmill

Kamu tidak bisa hanya mengandalkan sit up dan plank saja untuk mengecilkan perut. Kamu membutuhkan latihan kardio untuk membakar kalori dan lemak secara efisien. Salah satu yang paling gampang adalah dengan lari. Bisa di treadmill ataupun keliling kompleks dekat ruma. Menurut penelitian National Sleep Foundation, 56-76 persen orang yang lari sebelum tidur memiliki tidur yang lebih berkualitas ketimbang yang tidak. Nah, perut buncitnya hilang, tidurnya juga nye yak, dapat dua keuntungan, kan?

  1. Sit Up Kaki

Gerakan lainnya untuk mengecilkan perut sebelum tidur yang bisa kamu lakukan adalah sit up kaki. Caranya adalah berbaring di lantai kemudian luruskan kaki dan angkat setinggi 90 derajat lalu turunkan. Lakukan gerakan ini 20-30 kali setiap malam. Gerakan ini tidak hanya mengecilkan perut sebelum tidur tetapi juga mengencangkan paha.

Cara Lain untuk Mengecilkan Perut

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, untuk mengecilkan perut kamu tidak bisa hanya bergantung pada latihan tertentu saja, tapi juga mengatur beberapa hal seperti yang diuraikan di bawah ini:

  • Jangan makan di atas jam 8 malam yang hanya akan membuat perut buncit. Bagaimana tidak, biasanya menjelang malam aktvitas berkurang jadi tidak akan ada lagi pembakaran kalori. Makanan yang kamu makan hanya menumpuk jadi lemak.
  • Tidur dengan kondisi lampu tidak menyala dapat menurunkan risiko peningkatan berat badan. Pasalnya hormon melatonin yang berfungsi untuk menstabilkan kerja metabolisme tubuh dapat bekerja lebih maksimal saat kondisi gelap.
  • Posisi tidur juga dapat memengaruhi sistem kerja tubuh. Para ahli menyarankan untuk tidur miring dengan posisi menghadap ke kiri untuk melindungi jantung, melancarkan pergerakan pada sistem pencernaan dan mencegah asam lambung naik yang bikin perut kembung.
  • Hindari stres karena ini hanya bikin tidur jadi enggak nyenyak. Nah, biasanya kalau susah tidur ujung-ujungnya kamu jadi tergoda untuk mengunyah. Jadi, saat stres menyerang kamu bisa coba lakukan meditasi ringan selama 3-5 menit untuk meredakan stres dan tidur lebih nyenyak.

Kamu merasa kurus namun entah kenapa berperut buncit? Kalau penasaran dengan penyebabnya, bisa didiskusikan langsung dengan dokter-dokter yang ada di Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat. Yuk!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s