Olahraga sebelum Sarapan Bikin Cepat Kurus?

on

Apotik online – Rutin berolahraga sering diyakini bisa membantu pembakaran lemak lebih cepat. Alhasil penurunan berat badan pun akan menjadi lebih cepat pula. Mungkin saja  hal itu benar, karena semakin banyak bergerak nyatanya bisa membantu membakar dan mengeluarkan kalori dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga tak terjadi penumpukan lemak.

Tapi ternyata ada waktu tertentu yang bisa membuat olahraga lebih maksimal dalam membantu menurunkan berat badan, lho. Yaitu berolahraga di pagi hari, tepatnya sebelum sarapan. Kok bisa?

Sebenarnya olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun olahraga yang dilakukan di pagi hari sebelum sarapan dapat membakar lemak hingga 20 persen lebih banyak dibanding olahraga yang dilakukan di waktu lainnya.

Sejumlah peneliti percaya bahwa hal ini berkaitan dengan “sumber” pembakaran lemak. Pasalnya untuk menurunkan berat badan, tubuh harusnya membakar lemak yang ada di dalam tubuh, yaitu sisa makanan. Bukan dari makanan yang masih ada atau baru saja masuk ke dalam pencernaan.

Berolahraga di pagi hari juga disebut dapat menekan nafsu makan di sisa hari. Karena saat berolahraga, terutama saat perut belum diisi sarapan, tubuh akan menyesuaikan produksi hormon insulin. Sehingga kadar gula menjadi seimbang dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Olahraga Pagi dan Vitamin D

Berolahraga di pagi hari nyatanya bisa membantu tubuh mendapat vitamin D “gratis”, yaitu dari sinar matahari. Seperti diketahui, sinar matahari adalah sumber alami dan terbaik dari vitamin D. Dan pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk mendapatkan manfaatnya.

Cahaya matahari pagi juga dapat mendorong semangat berolahraga, serta meningkatkan mood. Sehingga berolahraga tak hanya menjadi wacana semata. Bahkan sebuah studi telah mengonfirmasi bahwa orang yang berolahraga di bawah sinar matahari, setidaknya selama dua jam, memiliki tubuh yang lebih ideal.

Hal ini ternyata juga berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam mengelola berat badan. Sering terkena sinar matahari pagi disebut dapat membuat seseorang lebih mampu dalam mengontrol berat badan.

Selain itu, berolahraga di pagi hari juga dapat membantu tubuh tidur lebih nyenyak, sehingga terhindar dari gangguan tidur  di malam hari alias insomnia. Orang-orang yang secara konsisten berolahraga di pagi hari disebut memiliki jam tidur yang lebih teratur dan berkualitas. Terutama jika dibandingkan dengan orang yang berolahraga di malam hari, atau tidak berolahraga sama sekali.

Memilih waktu olahraga di pagi hari ternyata juga berdampak pada produktivitas. Pasalanya orang-orang yang sudah berolahraga di pagi hari cenderung memiliki tingkat produktivitas yang lebih baik dibandingkan yang lain. Karena olahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan memiliki banyak energi.

Kendati demikian, bukan berarti kamu tidak boleh atau tidak dianjurkan untuk berolahraga di waktu lainnya. Sebab kembali lagi, berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jika tak memiliki waktu untuk berolahraga di pagi hari, kamu bisa memilih waktu lain seperti di malam hari sepulang kerja.

Hal itu tentu jauh lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Selain berolahraga, jaga juga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan vitamin. Biar lebih mudah, beli vitamin di aplikasi Halodoc saja! Dengan layanan pesan antar, vitamin, obat atau produk kesehatan yang kamu pesan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s